Label

Selasa, 14 April 2015

konjugasi kata kerja "Être" dan "avoir"

Hai haiii..

Ketemu lagi kita di ruang belajar bahasa prancis.

Kali ini saya akan memaparkan konjugasi kata kerja "Être" dan "avoir" yaitu dua kata kerja yang paling dasar yang harus dikuasai oleh siapa saja yang ingin belajar bahasa Prancis.

Konjugasi. Pernah dengar gak ? Konjugasi itu maksudnya adalah untuk merubah verba atau kata kerja yang berhubungan dengan jumlah, jenis kelamin, modus dan waktu.


Dalam bahasa Prancis, kata kerja gak bisa langsung dimasukin ke dalam kalimat begitu saja, tapi harus melalui proses konjugasi. Mengkonjugasikan bahasa Prancis itu harus melihat kesesuaian antara pronom personel dan juga modus atau kala waktunya.

Nah, kalo begitu, konjugasi itu sudah ada aturan mainnya dong. Apalagi dalam bahasa Prancis kata kerja itu dapat digolongkan pada kata kerja beraturan dan kata kerja tidak beraturan.

Kalo kata kerja beraturan, semua konjugasi sudah ada peraturannya, hanya tinggal mengganti-ganti saja sesuai subyeknya. Nah kalo kata kerja yang tidak beraturan, maka bentuk yang sudah dikonjugasi sudah tertentu dan tidak dapat dirubah atau diganti lagi.

Kata kerja "Être" dan "avoir" digolongkan kedalam kata kerja yang tidak beraturan.

1. "Être" merupakan to be (is, am, are) dalam bahasa Prancis. Kata ini digunakan untuk mendeskripsikan diri sendiri, profesi, agama dan kebangsaan.

Konjugasi kata kerja "Être" :

je    suis
tu    es
il     est
elle  est
nous sommes
vous etes
ils   sont
elles sont
on    est

 contohnya :
Je suis Indonesienne (Saya adalah orang Indonesia)
Elle est actrice (Dia pr adalah seorang aktris)

2. "Avoir" berarti memiliki. Dalam bahasa Prancis biasanya digunakan untuk mendeskripsikan keadaan diri (fisik, anggota tubuh), kepunyaan, dan usia.

Konjugasi kata kerja "avoir"
j'     ai
tu    as
il     a
elle  a
nous avons
vous avez
ils    ont
elles  ont
on    a

contohnya :

J'ai dix-sept ans (Saya berusia tujuh belas tahun)
Vous avez deux chiens (Anda memiliki dua ekor anjing)
Elle a faim (Dia pr lapar)

Keadaan fisik mencakup :
Lapar (Faim)
Haus (Soif)
Dingin (Froid)
Panas (Chaud)

Okeeee deeh.. sampai disini dulu paparan saya tentang konjugasi kedua kata kerja tidak beraturan itu. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar bahasa Prancis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar